Lafzi, Aplikasi Pencari Ayat Al-Quran dengan Transliterasi Latin Bahasa Indonesia

Catatan Ikrom July 04, 2017
CatatanIkrom.blogspot.com - Lafzi, Aplikasi Pencari Ayat Al-Quran dengan Transliterasi Latin Bahasa Indonesia. Sebuah terobosan baru karya pemuda Indonesia di bidang teknologi dan Agama Islam yakni Lafzi. Lafzi merupakan aplikasi pencari lafadz ayat Al-Qur'an dengan transliterasi latin bahasa Indonesia. Lafzi dibuat dalam rangka memudahkan kita dalam mencari lafadz ayat suci Al-Qur'an yakni berupa Surat dan urutan Ayat berdasarkan transliterasi latin bahasa Indonesia.

Catatan Ikrom Lafzi, Aplikasi Pencari Ayat Al-Quran dengan Transliterasi Latin Bahasa Indonesia

Ingat, transliterasi latin bahasa Indonesia bukan terjemahan bahasa Indonesia. Transliterasi latin bahasa Indonesia maksudnya pengucapan lafal bacaan ayat Al-Qur'an dalam latin bahasa Indonesia. Berbeda dengan arti dan terjemah bahasa Indonesia. Contohnya, lafadz ini "بِسۡÙ…ِ ٱللَّÙ‡ِ" lafal pengucapannya atau transliterasi bahasa Indonesianya adalah "Bismillah".

Aplikasi pencarian lafadz ayat Al-Qur'an dengan transliterasi latin bahasa Indonesia, Lafzi ini berbentuk search engine atau mesin pencari. Tampilannya didesain untuk mencari lafadz ayat Al-Qur'an dengan kotak kolom pencarian beserta tombol Search/Cari. Pengguna dapat mencari lafadz ayat Al-Qur'an hanya dengan memasukkan/mengetikkan cuplikan lafal pengucapan latin (transliterasi) dari ayat Al-Qur'an yang ingin dicari. Otomatis Lafzi akan menampilkan hasil pencarian ayat Al-Qur'an berdasarkan Nama Surat dan Nomor/Urutan Ayat.

Lafzi sangat memudahkan mencari ayat Al-Qur'an yang kita tidak tau atau lupa nama Surat dan ayatnya. Berbeda dari aplikasi umumnya yang menyediakan pencarian berdasarkan terjemahan bahasa maupun lafadz Arabnya, Lafzi hadir memberikan kemudahan bagi kita mencari ayat Al-Qur'an hanya dari lafal pengucapan alias transliterasinya. Lebih lagi, kata kunci pencarian berdasarkan transliterasi latin atau lafal pengucapannya pun tidak harus persis dengan aslinya. Misalnya, untuk mencari Surat dan Ayat Al-Qur'an dengan kata kunci "Bismilah" ataupun "Bismillah" tetap akan memunculkan hasil yang akurat.

Perancang Lafzi

Lafzi diciptakan oleh pemuda asal Indonesia mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia adalah Muhammad Abrar Istiadi S.Kom. Lafzi ini merupakan karyanya yang merupakan hasil penelitian Skripsinya. Sungguh sangat bermanfaat.

Lafzi via Website

Catatan Ikrom Aplikasi Web Lafzi
Aplikasi Web Lafzi

Lafzi bisa Anda akses melalui website di http://lafzi.apps.cs.ipb.ac.id/web/. Bagi Anda yang setiap saat terhubung ke internet silahkan kunjungi alamat web Lafzi tersebut. Alamat website Lafzi dihosting dalam server kampus IPB dan menggunakan subdomain yang memang sedikit agak panjang. Maka untuk memudahkan menghafalnya saya simpan dalam url singkat berikut bit.ly/lafziweb.

Software Lafzi untuk Desktop Multi OS

Catatan Ikrom Software Lafzi Desktop
Software Lafzi Desktop

Awalnya memang Lafzi hadir dalam bentuk online website saja. Namun kini Lafzi telah berkembang ke berbagai platform. Lafzi sudah hadir dalam bentuk program aplikasi multi OS yang bisa didownload dan diinstall secara gratis ke dalam perangkat komputer Windows, Linux, maupun Mac OS. Software Lafzi juga sudah mendukung dan tersedia dalam 2 jenis sistem operasi yakni 32 bit dan 64 bit. Software Lafzi ini bisa Anda download secara gratis di http://lafzi.apps.cs.ipb.ac.id/desktop atau klik bit.ly/lafzidesktop. Untuk menjalankan Lafzi di komputer Anda pun tidak perlu membutuhkan sambungan internet. Internet hanya dibutuhkan saat mendownload file Setup installer-nya saja.

Aplikasi Lafzi di Android

Catatan Ikrom Aplikasi Android Lafzi di Google Play Store
Aplikasi Android Lafzi di Google Play Store

Terobosan terbaru berikutnya yakni Lafzi hadir secara resmi di halaman Google Play Store Android dalam bentuk aplikasi Android. Ya, pengguna gadget smartphone Android kini dapat menikmati menggunakan App Lafzi secara gratis dengan menginstallnya melalui Play Store. Dan lagi-lagi, setelah menginstallnya lalu menggunakannya, Anda tidak harus terhubung dengan internet untuk menggunakan Lafzi. Ukuran App Android Lafzi ini pun cukup kecil hanya sekitar 5 Mb. Meskipun gratis, ternyata App Lafzi ini tidak menyertakan iklan di dalamnya. Sangat ringan dan mudah digunakan. Anda dapat mengunduh dan menginstallnya langsung dari Google Play Store gadegt Android Anda dengan mengetikkan kata kunci "Lafzi" atau klik link ini bit.ly/lafziandroid.

Di akhir catatan ini saya ingin mengucapkan selamat, kagum, memberi aplaus, dan dukungan penuh bagi pembuat aplikasi Lafzi ini. Sang pembuat Lafzi sendiri pun membuka kesempatan bagi Anda yang mahir di bidang pemrograman/IT untuk membantu mengembangkan produk Lafzi karyanya.

Sekali lagi Lafzi benar-benar sangat bermanfaat dan saya sangat merekomendasikannya untuk bisa dimiliki oleh Anda. Semoga Allah meridhoi apa yang diusahakan oleh pembuat aplikasi Lafzi ini dan memberinya rizki untuk tetap dapat mengembangkan produk dan layanannya lebih maksimal. Saya juga ucapkan terima kasih kepada admin blog Fath Multimedia sebab berkat blog tersebut, saya dapat mengenal Lafzi. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Catatan Ikrom
AUTHOR
July 5, 2017 at 9:54 AM delete

Terima kasih.. Silahkan dishare dan semoga bermanfaat :)

Reply
avatar