Tampilan Terbaru Website Google Search

Catatan Ikrom October 20, 2016
CatatanIkrom.blogspot.com - Google, sebagai raksasa mesin pencarian website di dunia selalu membuat beragam inovasi. Mulai dari fitur pencarian beserta algoritma yang digunakan, hingga inovasi desain tampilan pengguna.

Desain tampilan pengguna atau lebih dikenal dengan User Interface Google senantiasa berbeda di setiap jangka waktu tertentu. Tak hanya desain branding logo font Google saja yang berubah. Tampilan halaman website pencarian Google.com pun mungkin akan segera ikut berubah.

Catatan Ikrom Tampilan Terbaru Website Google Search

Baru-baru ini sepertinya Google melakukan uji coba terhadap tampilan website pencarian Google.com nya. Secara tidak sengaja saya mendapati Google.com dalam bentuk lokal Google.co.id yang saya gunakan, hadir dengan tampilan terbarunya pada Oktober 2016. Berikut ini screenshoot tampilan terbaru web pencarian Google.co.id yang saya gunakan.

Catatan Ikrom Tampilan Terbaru Website Google Search 1
Halaman Awal Pencarian

Catatan Ikrom Tampilan Terbaru Website Google Search 2
Halaman Hasil Pencarian

Catatan Ikrom Tampilan Terbaru Website Google Search 3
Halaman Hasil Pencarian Gambar

Sekilas mungkin tak begitu mencolok perbedaannya. Tapi jika diperhatikan secara teliti akan tampak jelas detil perbedaannya.

Tampilan terbaru Google.co.id ini hadir menyerupai tema material design milik Android terbaru. Ya, desain interface yang mengadopsi gaya material theme Android dengan lebih menekankan tampilan desain Card View pada hasil pencariannya. Sama persis seperti tampilan Android. Maklum saja Android pun juga dibesut oleh perusahaan Google.

Tampilan terbaru website pencarian Google Search ini sepertinya belum diterapkan menyeluruh ke semua pengguna. Dengan arti lain, tampilan terbaru web Google Search 2016 ini masih dalam uji coba dan menanti respon balik dari pengguna. Terbukti ketika saya menggunakan Google Incognito untuk membuka website Google.com, tampilannya masih menggunakan desain Google saat ini, desain flat simple. Selain itu tampilan Google terbaru ini hanya muncul ketika saya login dengan akun Gmail pribadi saya.

Berita tentang ujicoba tampilan baru Google Search 2016 ini pun juga dimuat oleh Detik.com di sini.

Mendapati hal ini saya segera menekan menu kirim saran ke Google dengan menyertakan screenshoot tampilan google terbaru ala material design Android, dan menyatakan ketertarikan untuk dipatenkan. Sebab selain tampilan yang berbeda dan lebih bagus, kecepatan loading hasil pencariannya pun lebih cepat.

Jika diamati perubahan yang terjadi pada produk Google keseluruhan, bisa jadi perubahan tampilan Google Search ini akan segera diresmikan menyeluruh. Hanya saja belum dapat dipastikan kapan maupun jadi atau tidaknya.

Dugaan kuat saya, perubahan tampilan Google Search ini imbas dari akun gmail pribadi saya, yang saya gunakan pada perangkat android. Saya menduga ini efek dari pembaruan aplikasi android Google Search/Google Now ke versi terbaru. Sehingga tampilan maupun pengaturan fitur Google Search via web desktop berubah menjadi desain terbaru ala Google Card View. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »