Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ

Catatan Ikrom October 27, 2016
CatatanIkrom.blogspot.com - Cara mengoperasikan/menjalankan adio streaming auto dj lebih kompleks dibandingkan radio streaming manual biasa. Ribetnya mungkin hanya di awal saja, selanjutnya radio streaming autodj akan berjalan otomatis nonstop.

Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ

Kali ini Catatan Ikrom akan hadirkan beberapa tahapan proses mengoperasikan radio streaming auto dj. Contoh yang kami berikan ini menggunakan mesin control panel auto dj Centova Cast. Berikut tutorialnya.

A) Cara Login Halaman Admin Radio Streaming Auto DJ


Ketika mendaftar untuk mendapatkan akun radio streaming auto dj baik gratis maupun berbayar, Anda akan diberikan informasi akun termasuk link url login auto dj radio streaming, username, sekaligus passwordnya. Silahkan login melalui alamat link url yang diberikan beserta username dan passwordnya.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 1
Halaman Login Radio Streaming Auto DJ Centova Cast

Setelah berhasil login, Anda akan masuk halaman user administrator Centova Cast untuk mengelola radio streaming auto dj Anda. Untuk keluar, klik menu logout pada panel menu kiri bagian bawah.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 2
Session Log Out Centova Cast


B) Cara Mengaktifkan Maupun Menonaktifkan Server Radio Streaming Auto DJ


Setelah login ke halaman administrator auto dj centova cast, Anda dapat melakukan pengaturan terhadap server radio streaming auto dj. Anda dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan server radio streaming auto dj, caranya cukup dengan menekan tombol/menu Start Server maupun Stop Server.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 3
Mengaktifkan Server Auto DJ
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 4
Menonaktifkan Server Auto DJ

Anda kadang harus mematikan server radio streaming auto dj terlebih dahulu untuk mengubah pengaturan auto dj menjadi manual radio streaming ataupun sebaliknya.


C) Cara Mengaktifkan Setting Auto DJ Radio Streaming


Agar dapat melakukan pengaturan dan menjalankan radio streaming auto dj, Anda harus mengaktifkan fitur Auto DJ terlebih dahulu. Caranya:
1. Login ke administrator Centova Cast (ikuti point "A").
2. Setelah berhasil login, pastikan server dalam keadaan mati/off. Bila masih aktif, nonaktifkan terlebih dahulu (ikuti point "B").
3. Klik menu "Configuration Settings" lalu "AutoDJ".
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 5
Pengaturan Setting Auto DJ
4. Kemudian pada pilihan "AutoDJ status", pilih "Enabled", lalu klik "Update". Maka fitur auto dj server radio streaming Anda telah diaktifkan.

Setelah mengaktifkan auto dj, barulah Anda dapat melakukan pengaturan berikutnya. Yakni mengunggah file audio, membuat playlist auto dj radio streaming, dan menjalankannya.


D) Cara Upload File Audio ke Server Auto DJ Radio Streaming


Inilah tahapan pentingnya yakni mengupload file audio yang akan diputar di radio streaming auto dj. Setelah mengikuti langkah point "C" berikutnya adalah:
1. Klik menu "AutoDJ Files", akan muncul jendela folder tempat upload file audio.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 9
Tombol Menu untuk Upload File ke Auto DJ
2. Pilih folder "Media" di panel kiri, lalu klik "Upload".
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 9
Cara Upload File Audio ke Server Auto DJ
3. Pada jendela File Manager, klik "Select Files" untuk memilih file audio yang ingin Anda upload.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 10
Memilih File Audio yang Akan Diupload
4. Tunggu proses upload selesai. Jika sudah, klik tombol "Close".
5. Klik tombol "Return" untuk kembali ke jendela AutoDJ control panel.

Proses upload file audio selesai, berikutnya adalah membuat playlist auto dj.


E) Cara Membuat Playlist Radio Streaming Auto DJ


Agar file audio yang telah Anda upload dapat diputar otomatis via radio streaming auto dj, maka Anda harus membuat playlist audio terlebih dahulu.

Caranya:
1. Klik menu "AutoDJ Playlist", akan muncul daftar playlist yang telah dibuat otomatis oleh Centova Cast. Anda cukup memilih satu playlist aktif dengan pengaturan Reguler.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 11
Membuat atau Memanfaatkan Playlist Default yang Ada
2. Non-aktifkan playlist lain yang tidak digunakan. Dalam contoh ini saya memilih mengaktifkan dan menggunakan "Standard Rotation", sehingga yang lain saya non-aktifkan dengan mengklik tombol Disabled.
3. Untuk mengatur detil playlist Standard, klik tombol gear di sebelah kanan playlist.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 12
Pengaturan Detil Playlist Auto DJ
4. Atur setting Title untuk judul playlist, Status menjadi Enabled, Type pilih general rotation, Playback Order pilih sequential, Playback Weight pilih 20 - more, Active from dan Active until diisi sama seperti contoh pada gambar. Klik "Save" untuk menyimpan.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 13
Detil Item Pengaturan Playlist Auto DJ
5. Setelah kembali halaman Playlist Management Auto DJ, tekan menu "Launch Media Library" untuk mengelola file audio dalam playlist.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 14
Launch Media Library Auto DJ
6. Akan terbuka folder media tempat Anda mengupload file audio dan juga folder playlist aktif. Drag/seret file audio ke dalam playlist Standard, jika selesai klik "Save" untuk menyimpan.
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 15
Tampilan Media Library Auto DJ Mode Album
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 16
Tampilan Media Library Auto DJ Mode Track; Drag Konten ke Playlist
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 17
Menyimpan Playlist Auto DJ
7. Daftar playlist telah diisi lagu. Anda bisa cek dengan mengklik folder playlist tersebut. Klik "Return" untuk kembali.

Playlist beserta file audio/lagu telah selesai dibuat. Radio streaming auto dj Anda siap untuk mengudara. Untuk mengaktifkannya cukup aktifkan kembali server streaming dengan mengklik "Start Server" seperti cara point "B".

Sebelum mengaktifkan server untuk menyalakan radio streaming auto dj, Anda bisa melakukan setting opsi pilihan, yakni mengatur audio encoder dan bitrate streaming.


F) Cara Mengatur Audio Encoder dan Bitrate Radio Streaming Auto DJ


Setelah selesai mengatur playlist auto dj radio streaming, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Ya, mengubah setting audio encoder dan bitrate audio streaming. Dengan mengubah setting ini maka memungkinkan Anda untuk memilih setting terbaik dan termudah bagi pendengar radio streaming auto dj Anda. Ingat, lakukan tahap ini sebelum mengaktifkan server streaming.

Caranya:
1. Klik menu "Configuration Settings", lalu pilih "Mount Points".
Catatan Ikrom Cara Mengoperasikan Radio Streaming Auto DJ 18
Mengatur Audio Encoder dan Bitrate Radio Streaming Auto DJ
2. Klik pada pilihan Current mount points, lalu klik tab "AutoDJ Settings".
3. Ubah setting yang ada. Mount point name untuk nama radio streaming Anda, Audio Encoder bisa Anda ubah MP3 atau AAC, Encoding type pilih CBR, Bitrate ubah angkanya dengan slider, Pilihan channels ada mono atau stereo, dan pilih Sample rate audio output streaming.
4. Terakhir klik "Update".


G) Cara Mengubah Radio Streaming Auto DJ Menjadi Manual


(Nantikan Artikel Selanjutnya: Cara Mengubah Radio Streaming Auto DJ Menjadi Manual)

Itulah beberapa tutorial yang saling berkaitan seputar cara mengoperasikan radio streaming auto dj. Hal utama dan paling penting untuk diperhatikan adalah wajib bagi Anda untuk senantiasa memperbarui dan mengelola konten audio dari radio streaming auto dj Anda, agar konten semakin menarik.

Sebagai contoh hasil dari radio streaming auto dj yang telah saya buat, Anda bisa kunjungi Radio Streaming Catatan Ikrom di halaman Radio Online. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »