Me-nonaktifkan Fungsi Autorun Windows

Catatan Ikrom October 20, 2013
Me-nonaktifkan Fungsi Autorun Windows
Bismillah, alhamdulillah sekarang kita bahas topik sederhana tentang me-nonaktifkan fungsi autorun pada sistem operasi Windows. Sederhana memang, karena umumnya orang sudah tau apa itu fungsi autorun, yaitu fungsi yang menjalankan/mengeksekusi secara otomatis suatu program atau file ketika pertama kali suatu perangkat terhubung. Misalnya ketika ketika memasukkan VCD/Audio CD ataupun flashdisk, maka secara standar/default, windows akan memfungsikan menjalankan secara otomatis fungsi autorun terhadap perangkat tersebut (jika perangkat tersebut disertai file autorun.inf). Pada VCD maka secara otomatis akan terputar video/film, begitu pula pada CD Audio, bahkan CD/DVD instalasi master program Windows. Nah, untuk flashdisk biasanya sesorang biasa mengutak-atik file autorun.inf agar bisa menjalankan suatu file/program secara otomatis ketika flashdisk terhubung ke PC/Laptop.

Mengapa fungsi autorun sebaiknya dinonaktifkan? sederhana namun beresiko besar, karena virus-virus pada sistem operasi windows, biasanya secara mudah tersebar melalui media-media luar ketika dihubungkan pada PC/laptop kita. Ketika flashdisk terhubung pada PC maka fungsi autorun secara otomatis mengeksekusi file autorun pada flashdisk tersebut, yang berisi script yang berfungsi menjalankan file virus pertama kali ketika flashdisk terhubung ke PC/Laptop. Maka untuk mengantisipasi penyebaran virus, terutama jika PC/Laptop belum terinstall program antivirus, maka sejak awal sebelum menginstall program aplikasi lainnya, sebaiknya fungsi autorun windows ini di-nonaktifkan. Caranya? sederhana, berikut panduannya:


1)   Pada Windows 8 (hanya versi Profesional), pada kolom pencarian, ketikkan gpedit.msc pada kategori Apps.
2)   Setelah hasil penelusuran muncul, klik gpedit.msc.
3)   Pilih Submenu Tree sebelah kiri: Local Computer Policy > User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > AutoPlay Policies, lalu di kolom bagian kanan pilih Turn Off Autoplay, klik 2x.
Tampilan gpedit.msc

4)   Lalu ubah setting Turn Off Autoplay menjadi Enabled, dan Turn Off Autoplay on: All drives, seperti gambar berikut, lalu klik Apply dan Ok.
Turn Off Autoplay

5)   Lakukan hal yang serupa untuk bagian Submenu Tree sebelah kiri: Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > AutoPlay Policies.
AutoPlay Policies

6)   Selesai, kemudian restart PC/Laptop Anda, maka fungsi Autorun/Autoplay telah di-nonaktifkan.



*) Alternatif Lain untuk menonaktifkan Autorun/Autoplay pada windows 8 yaitu dengan masuk ke menu Control Panel, lalu klik menu AutoPlay.
Control Panel

Kemudian hilangkan tanda centang pada Use AutoPlay for all media and devices, lalu klik Save, dan restart, Selesai.
Use AutoPlay for all media and devices


Langkah ini pun berlaku bagi Sistem Operasi Windows XP (Profesional), juga Windows 7 (Ultimate) dengan sedikit perbedaan letak menu, namun tak jauh beda terkait perintah me-nonaktifkannya.

Disarankan, setelah me-nonaktifkan fungsi Autorun/Autoplay pada windows, segera install Program Anti Virus pada PC/Laptop Anda guna mencegah ataupun mengecek ada atau tidaknya virus pada perangkat media Anda baik CD/DVD maupun Flashdisk. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »